Home Button and Lock Screen doesnt Work on CM7 Galaxy Mini after Lost Busybox


Cerita bermula ketika iseng mengganti Busybox installer dari yang ini dengan yang lainnya. Saya unistall busybox installer yang lama dan menginstall yang baru namun saat busybox installer yang baru menginstall busybox yang baru terjadi kegagalan dan busybox hilang sama sekali… :D   Parahnya saya mencoba menginstall busybox installer yang lama namun root akses tidak terdeteksi :D  parahya akses root aplilasi-aplikasi yang lainnya pun ikut hilang😀. Yang saya sesali bukannya saya mengganti dengan busybox yang baru lewat adb shell saya justru merestart Galaxy Mini😀 (seharusnya apabila terjadi yang demikian segera pasang busybox manual lewat adb shell). Walhasil CM7 tidak berjalan alias mentok di logo Andro ID nya TJ Style. Hal ini terjadi karena memang CM7 membutuhkan busybox untuk berjalan.Setelah saya cek di adb logcat ternyata prose mentok dan tidak berjalan😀 .

But slow that is not the end… Walaupun sempat terpikir untuk flashing ulang namun akhirnya terpikit pula untuk memasang busybox manual lewat adb shell dan ternyata berhasil masuk GUI nya CM7. Pada saat membuka adb shell ternyata perintah ls, chmod dan mount tidak berfungsi😀 . Namun saya pikir saya dapat memanfatkan busybox yang baru terpasang. Caranya cd ke /system/xbin (tempat dimana busybox dipasang) lalu jalankan # ./busybox diikuti mount, chmod dan berhasil . Setelah itu Galaxy Mini reboot.

Namun yang selanjutnya terjadi adalah home button dan lock screen tak berfungsi. Singkat cerita setelah gugling-gugling ternyata bisa diatasi dengan Hard Reset. Sebelum hard reset saya membackup semua aplikasi dengan Titanium Backup. Lalu reboot recovery dan hard reset. Saat Hard reset saya tak lupa melepas Sdcard terlebih dahulu karena hard reset pada Clockworkmod recovery akan memformat sd-ext pada sdcard. Partisi sd-ext merupakan partisi tempat apk dan dalvick cache yang dipindahkan olen a2sd Darktremor.

Setelah selesai  lalu reboot tentunya. Setelah masuk GUI banyak aplikasi yang hilang. Ternyata hal ini disebabkan olen a2sd yang saya pasang hilang akibat hard reset. Tanpa pikir panjang saya reboot recovery lagi dan install a2sd Darktremor via rcovery. Setelah itu reboot dan saat masuk GUI saya langsung ke adb shell , a2sd check, dan memindahkan dalvick cache ke sd-ext dan mengaktifkan zipalign dengan a2sd Darktremor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s