Diary: Belajar Membuat Font dengan Inkscape dan Fontforge (part 1)


Asslamualaikum, sebelumnya saya ingin membahas bahwa di Inkcape juga ada cara lain membuat font yaitu dengan menu Extensions –> typography. Namun saya masih belum berhasil dan belum mengetahui cara mana yang benar dan efektif. Okay mari kita mulai cara dengan SVG editor🙂

Sebelum belajar membuat font, mari kita persiapkan alat-alatnya dahulu:

  • Inkscape, tool yang digunakan: SVG font editor, Align and Distribute tool (shift+ctrl+A), Power Stroke path effect (Inkscpae 0.91)
  • Fontforge
  • Font Manager

Pertama mari kita buka Inkscape, buka FIle –> new –> templates , lalu cari Fontforge Glyph, dan klik create from template

 

kemudian buka menu Text –> SVG font editor :

snapshot443

 

Klik new (seperti pada gambar di atas) untuk menambahkan font baru.

Kemudian buka tab Glyphs , klik “Add Glyphs”  dan masukkan Matching string untuk mulai menambahkan huruf “a”. Beri nama Glyph name sesuai selera. Ulangi langkah untuk menambahkan semua huruf, angka dan karakter lainnya  (a-z, A-Z. 0-9, dan !@#$%-? dll.)

 

Setelah selesai mari kita mulai mendesign huruf kita pada Inkscape, buat huruf-huruf tersebut dalam bentuk path.

Atur juga ketinggian huruf dan juga lebar huruf, identifikasikan antara tinggi ke atas (F, J dll), sedang (n,o, dll) dan juga yang ke bawah (y, j , dll). Untuk membantu menagtur ketinggian huruf/karakter kita bisa menggunakan guide pada Inkscape.

snapshot456

Setelah semua design huruf/karakter selesai mari kita buat path kita teridentifikasi sebagai huruf/karakter yang diinginkan. Pertama kali letakkan path di tengah page (secara horizontal) dengan tool berikut ( Align and Distribute tool , yakni center on vertical axis) :

snapshot447

snapshot444

Atur agar font di tengah-tengah page dan juga sesuai dengan typografi font seperti gambar di atas.

Setelah itu konfirmasi path tersebut sebagai glyph yang diinginkan. Misalnya pada gambar di atas, saya menyeleksi (selecting) karakter “&” lalu saya memilih Glyph name “&” pada SCG font editor. Setelah itu klik “Get curves from selection” untuk mengkonfirmasi path “&” sebagai karakter “&”. Setelah selesai dengan karakter “&”, buang path “&” ke pinggir dan letakkan karakter berikutnya di tengah seperti langkah sebelumnya.

Masukkan semua path huruf/karakter sebagai glyph huruf/karakter masing-masing.

Sedikit tips cara malas membuat huruf/karakter  dari saya:

seperti pada postingan saya sebelumnya, untuk membuat huruf/karakter dengan cepat, kita bisa memanfaatkan powerstroke path effect. Cukup membuat satu garis path lalu tambahkan power stroke path effect seperti pada gambar di bawah ini:

snapshot411

Untuk huruf/karakter yang bisa dibuat  hanya dengan satu garis (misalnya s, z, e , o, O, 0 G, dll), ketika mengklik “Get curves from selection” pada SVG font editor kita tidak perlu mengubah “satu garis path+power stroke path effect” menjadi path penuh. Untungnya Inkscape bisa mengenali path tersebut langsung ketika kita mengklik “Get curves from selection”.

Sementara untuk huruf/karakter yang terdiri dari beberapa bagian path (misalnya(F, f, h, w, W dll) kita perlu mengubah “path+power stroke path effect” menjadi path penuh, lalu menggabungkan beberapa path menjadi satu path agar bisa dikenali Inkcape saat mengklik “Get curves from selection”  seperti gambar di bawah ini:

snapshot454xx

Tentunya kita juga bisa menggunakan menu path –> simplify agar nodenya lebih sedikit simpel dan sedikit.

Setelah semua selesai, save hasil kerja kita sebagai svg seperti biasa saja. Ini sudah cukup dikenali dan dapat diimport oleh Fontforge.

OK, cukup sekian tulisan part 1 ini, pada part 2 saya akan menuliskan tahap selajutnya pada Fontforge, mengatur ruang kosong di kiri kanan huruf (dalam Fontforge disebut “bearing”) sampai cara menyimpan font sampai jadi font yang bisa diinstall. Terima kasih atas perhatiannya mohon kritik dan saran , terima kasih, Assalamualaikum

tahap selanjutnya, part 2:

Diary: Belajar Membuat Font dengan Inkcape dan Fontforge (part 2)

 

 

 

 

2 thoughts on “Diary: Belajar Membuat Font dengan Inkscape dan Fontforge (part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s