Mempelajari Horizontal Vertical Bezier Curve Handler | Inskcape


Horizontal Vertical Bezier Curve Handler (HVBH) adalah salah satu cara mengatur/menggunakan handler bezier curve. Seperti namanya, cara ini menggunakan handler yang lurus secara vertikal dan horizontal dan tidak diagonal (atau handler-handler yang sejajar sumbu x dan y ).

Untuk mengubah-ubah bentuk geometri path yang menggunakan handler ini, kita hanya cukup menggeser-geserkan node ataupun mengubah panjang / pendek handlernya secara lurus atau tanpa adanya rotasi.

Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan menggunakan Horizontal Vertical Bezier Curve Handler yaitu mudah untuk dikendalikan karena hanya mengatur panjang pendek handler tanpa rotasi sehingga apa yang telah kita lakukan lebih mudah diingat. Selain itu kelebihan Horizontal Vertical Bezier Curve Handler adalah satu lengkung kurva hanya dihandle / dikendalikan dua node sehingga mencegah adanya bentuk patah-patah (atau pletat-pletot kalo orang Betawi bilang) pada kurva.

Hal paling penting / kunci penggunaan Horizontal Vertical Bezier Curve Handler adalah penentuan lokasi node / dimana sih kita harus menaruh nodenya. Untuk menjawab teka-teki ini mari kita lihat gambar berikut:

snapshot409

 

bayangkan bahwa gambar di atas seperti kurva matematika. Yup ini berhubungan dengan matematika: yakni nilai maksimum dan minimum kurva. Pada intinya node harus diletakkan pada nilai maksimum dan minimum kurva. Seperti pada gambar di atas, kita cukup meletakkan node pada puncak , dasar kurva dan ujung-ujung kurva (yang berbentuk tajam/mengerucut)

 

Jika kita meminimalkan panjang handlernya (gambar kanan), maka bentuk garis antara dua node akan semain datar.

 

snapshot401

Sebaliknya bila kita maksimalkan panjang handlernya sampai kedua node bertemu , bentuk garis akan semakin siku-siku

snapshot405

Yup kita telah mempelajari dasar-dasar   tentang Horizontal Vertical Bezier Curve Handler. Kita bisa mengkombonasikan penggunaan Horizontal Vertical Bezier Curve Handler  ini dengan path effect seperti spyro dan powerstroke .

Berikut adalah contoh penggunakan Horizontal Vertical Bezier Curve Handler  (tanpa path effect):

snapshot410

 

 

Sementara itu, berikut ini adalah penggunaan Horizontal Vertical Bezier Curve Handler dengan powerstroke path effect pada Inkscape 0.91 (cara males ini😀 ) :

snapshot411

One thought on “Mempelajari Horizontal Vertical Bezier Curve Handler | Inskcape

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s