Pergerakan Dasar Blender Game Engine


Pertama tambahkan objek apapun yang kita sukai sebagai objek utama. Kali ini saya menambahkan objek Monkey.snapshot348

Kemudian tambahkan objek Cube sebagai player yang akan mengontrol objek Monkey nantinya. Atur ukuran objek Cube agar pas dengan ukuran Monkey. Kemudian atur agar objek Cube tidak dirender seperti pada gambar di bawah ini :

snapshot354

Kemudian pada tab physcic properties atur pyhsic type si Cube menjadi Character dan cheklist pilihan Actor. Hal ini berguna karena kita akan menggunakan character motion nantinya. Pengaturan Step height, Jum force  dan fall speed max akan berguna untuk pergerakan jump pada character motion nantinya. Untuk saat ini biarkan pengaturan ketiganya default saja.

snapshot355Sementara itu physic type si Monkey buat saja menjadi no collision

 

Kemudian buat objek Cube sebagai parent dari objek Monkey

snapshot350

Kemudian buka jendela game logic, dengan objek Cube terseleksi:

> . tambahkan sensor keyboard lalu ketikkan input up arrow pada bagian key.

> . Lalu tambahkan Actuator berupa motion dan pilih “character motion” pada motion type. masukkan input 0.10 pada Loc Y agar Cube/player kita bergerak ke utara/ ke arah Y positif sejauh 0.10

snapshot352

Lalu ketik ”p'” untuk menjalankan game engine. Pastikan Monkey bergerak jika kita menekan up arrow. (Jika Monkey bergerak ke arah sebaliknya, betulkan dengan merotasi Monkey dan player atau menggunakan nilai -0.10)

 

Ulangi langkah di atas untuk down arrow (loc Y -0.10) , right arrow (loc X 0.10) dan left arrow (loc X -0.10)

snapshot353

Kita juga bisa menambahkan motion jump dengan sensor keyboard spacebar misalnya.  Hanya tinggal menghubungkan sensor keyboard spacebar dengan character motion dan mengaktifkan  jump button.

snapshot357

Adapun pengaturan lompatannya ada pada physic properties:

snapshot355

Jump Force = gaya lompatan, semakin besar jump force, lompatan semakin tinggi, cepat dan bertenaga

Fall speed Max = kecepatan jatuh maksimum, semakin besar nilainya maka kecepatan jatuh semakin besar sehingga terkesan karakter mempunyai berat yang besar. Sebaliknya misalkan karakter melompat lalu jatuh dengan parasut/balon maka fall speed max dapat dibuat sekecil mungkin

Step Hight = jumlah maksimum step hight

 

OK sekian dari saya. termikasih..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s