Efek Kelap Kelip ketika Terkena Musuh / Terluka | Blender Game Engine


Ketika kita main game biasanya ketika kita terkena serangan musuh, karakter yang kita mainkan akan berkelap kelip sebagai tanda memperjelas kita terkena serangan musuh.Pada kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat efek kelap kelip tersebut secara sederhana  pada Blender Game Engine.

snapshot358

Yup jika Anda terbiasa dengan Blender Game Engine, gambar dia atas cukup untuk menjelaskan judul tulisan ini. Skema yang digunakan adalah ketika musuh mengenai player, maka musuhya akan mengirim “message” ke player. Lalu “message tersebut akan digunakan untuk membuat efek kelap kelip dengan menggunakan actuator visibility  visible dan invisble bergantian dalam waktu yang dikontrol dengan sensor “delay”. Prinsip utamanya adalah timer akan berjalan menghitung 1, 2, 3, dst. Setiap kali player terkena musuh makan timer direset ke nilai 0. Selama 0 – 3 , player_mesh akan berkelap-kelip.

OK kita mulai dari file berikut:

https://dl.dropboxusercontent.com/u/28259605/game1.zip

Download file di atas lalu kita lanjutkan langkah selanjutnya:

Yup.. pertama kali musuh harus megirimkan pesan setelah menyentuh (collision dengan layer/karakter kita)

<#> tambahkan sensor collision pada objek kubus biru (musuh) dan hubungkan dengan Message actuator. Isi Message actuator dengan subjek “hurt” dan kirim pesan ke objek “player_mesh”

snapshot360

pada collision sensor digunakan property si objek target yakni objek Player, lihat gambar di bawah , objek Player memiliki game property player dengan tipe boolean. Property “player” inilah yang dimasukkan dalam kolom property di collision sensor pada gambar  sebelumnya.

snapshot361

 

OK pesan telah terkirim . Sekarang tinggal bagaimana kita mengolah pesan tersebut agar si objek “player_mesh” berkelap-kelip.

Yup tepat sekali pertama kita tambahkan timer property ke objek “player_mesh”. Buat property timer dengan tipe timer dan nilainya 3

snapshot362

Prinsip utamanya adalah timer akan berjalan menghitung 1, 2, 3, dst. Setiap kali player terkena musuh makan timer direset ke nilai 0. Selama 0 – 3 , player_mesh akan berkelap-kelip.

 

Pertama kali mari membuat bagan seperti berikut:

snapshot364

Tambahkan message sensor, isi dengan pesan yang tadi yaiut “hurt” , setiap kali terkena musuh, waktu direset jadi 0 . Jadi hubungkan dengan property actuator dengan mode assign  si property timer jadi 0 seperti gambar di atas.

Property sensor dengan interval 0 dan 3 dan button invert aktif artinya adalah waktu selain 0 dan 3 ( 4,5,6,7 dst, karena 0 – 3 mutlak dipergunakan untuk efek kelap-kelipnya).

 

 

snapshot363

bagian kedua masih pada player_mesh kita tambahkan delay sensor dan property timer interval 0 -3 (artinya kelap-kelip diharapkan terjadi 3 detik, di atas 3 detik sudah tidak terjadi kelap-kelip). Delay sensor diset repeat agar bisa terjadi berulang-ulang.

Kemudian keduanya dihubungkan dengan controller and dan Nand.

And dihungkan dengan invisible

Nand dihubungkan dengan visible

Kombinasi ini akan menghasilkan efek kelap kelip. Secara lengkap berikut bagannya:

snapshot358

Untuk lebih jelasnya tentang penggunaan Nand bisa dicari disini: http://en.wikipedia.org/wiki/Truth_table

FIle Blend hasil akhir tulisan ini bisa didownload disini https://dl.dropboxusercontent.com/u/28259605/game1-final.zip

Terimakasih dan mohon maaf atas segala kekurangannya

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s