Blender : Cara Membuat Animasi Roller Coaster / Kereta


Pada kesempatan kali ini saya akan sharing cara membuat animasi roller coaster. Cara ini saya temukan setelah saya googlingingasi :) dengan kata kunci Blender constraint animation follow path curve bermain2 di forum Blenderastist.org yang belum lama pernah kena hack (sumpah kurang kerjaan banget ya yang nge-hack sampe2 situs2 .org dihack -_-  )

roller-coaster2_0-215

.Untuk referensi pembaca bisa mendownload file blend berisi animasi dari tutorial ini:

Untitled

Sebelum memulai saya ingin mereview garis besar cara yang akan kita lakukan. OK inilah garis besarnya:

snapshot233x

Keterangan:

Bone A, Bone B, Bone C, empty1, empty2, empty3, empty4

garis panah putih menunjukkan hubungan bone constraint “track to”

Tanda .x (titik dan x) menunjukkan hubungan bone constraint “child of”

Bone A adalah child dari empty 1, Bone B child-nya si empty2, Bone C child dari empty3.

Bone A di-track ke Bone B, Bone B di-track ke Bone C , Bone C ditrack ke empty4 , (dengan bone constraint “track to” ).

Tiap-tiap empty(1,2,3,4) diberi object constarint “follow path” dengan path-nya sebuah curve dengan offset berbeda-beda (misall offset empty1=0 , empty2=-1, empty3=-2 dst)

OK mari kita mulai mempelajarinya

  • Pertama buka Blender dan tambahkan Armature berupa single bone ,

shortcutnya bisa shift+A -> A -> S

 (ini adalah trik rahasia shortcut di Blender, huruf yang ada underline / garis bawahnya pada sebuah menu adalah shortcutnya si menu tersebut, contohnya setelah shift+A untuk menambahkan  Armature shortcutnya adalah A )

snapshot230

  •  Rotate Bone pada sumbu x 90 derajat
  • Lalu pada edit mode tambahkan dua bone lagi (jadi ada 3 bone) dengan menggandakan bone yang sudah ada (shift+D).

Point pentingnya adalah ketiga bone ini harus tidak mempunyai hubungan parent satu sama lain (parent yang pake ctrl+p maksudnya) .. ( bayangkan saja gerbong-gerbong kereta api walaupun terhubung namun tiap gerbong masih bisa bergoyang kek kiri kanan :D ).

snapshot232

  • Pindah ke object mode, tambahkan empty pada setiap persinggungan antar bone dan juga pada ujung-ujung bone seperti gambar beikut:

snapshot233

Cara mudahnya pada edit mode seleksi/pilih ujung bone lalu

shift+S–> Cursor to Selected, kemudian pindah ke object mode dan tambahkan empty. Lakukan pada semua ujung-ujung bone.

  • Select bone, aktifkan pose mode, tambahkan “bone constraint child of” dengan hubungan sebagai berikut:

snapshot233y

Bone A  —- child of –> empty1, bone B –> empty2, bone c –> empty3

snapshot235xyz

 

Bila terjadi pergerakan bone setelah ditambahkan bone contraint child of seperti gambar di atas, ubah bone menjadi keadaan semula (pada gambar diatas dengan rotate pada x 90 derajat ). Lakukan penambahan bone constraint child of dan koreksi semua bone seperti pada posisi awal.

  • Setelah itu tambahkan bone contraint “track to” pada setiap bone dengan formasi berikut:

snapshot233x

Bone A di-track ke Bone B, Bone B di-track ke Bone C , Bone C ditrack ke empty4

  • Setelah itu tambahkan bezier curve lalu buat kurva tersebut seperti huruf U/terserah selera Anda :) . Buat origin point kurva sama posisinya dengan origin point armature(bone)

snapshot238

  • Setelah itu seleksi empty dan tambahkan tiap-tiap empty(1,2,3,4) sebuah object contsraint “follow path” dengan kurva yang digunakan adalah bezier curve yang telah kita buat tadi

snapshot240

Tahap ini bisa dibilang “tricky” karena setelah ditambahkan constraint follow path, empty akan berpindah entah kemana (tentunya bone juga ikut berpindah karena bone menggunakan constraint chil of  terhadap empty) seperti gambar berikut:

asdf

Oleh sebab itu kita perlu merubah posisi tiap empty ke origin point si Armature seperti gambar di atas. Misalnya pada gambar di atas kita perlu menggeser empty yang sendirian di bawah (gambar kiri) naik ke atas sampai origin point (gambar kanan). Hal ini berlaku untuk tiap empty.

Lalu muncul pertanyaan: “kalau begitu keempat empty akan ngumpul di origin point dong? “. Yup benar, itulah gunanya ada pengaturan offset pada Object constraint “follow path”, yakni membuat jarak berbeda untuk keempat empty dari origin point armature.

Dengan kata lain kita mengembalikan tiap-tiap empty ke posisi semula (setelah berubah dengan follow path constraint) dengan menggunakan pengaturan offset pada follow path constraint. Misalnya empty 1 offset = 0, empty 2 = -1, , empty 3=-2 dst, maka posisi empty 1 bergeser 0 dari origin , empty 2 bergeser -1, empty 3 bergeser -2  (dst) pada sumbu yang ditentukan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di atas (di atas 2 paragraf sebelumnya).

Setelah itu klik animate path pada pengaturan containt follow pathnya lalu mainkan animasinya (alt+A). Bila masih terjadi error silahkan cek kembali langkah-langkah sebelumnya.Untuk referensi pembaca bisa mendownload file blend berisi animasi dari tutorial ini:

Untitled

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s