Membuat Model Ukiran Batik 3 Dimensi dengan Blender


Untuk membuat ukiran batik menjadi model 3 dimensi berikut ini prinsip yang digunakan:

plane + displace modifier (dengan texture gambar batik) + subdivision surface modifier + resmesh modifier = ukiran batik 3 dimensi

baiklah berikut penjelasan detailnya

Pertama siapkan gambar sebuah ukiran/batik berformat jpeg. Misalnya seperti pada gambar berikut:

path34-z

Lalu buka Blender dan jadikan gambar batik sebagai background. Lalu tambahkan sebuah plane dan scale plane tersebut sehingga memenuhi ukuran gambar batiknya.

snapshot118

Lalu pada screen layout UV editing , buka gambar batik tadi dan unwrap plane dengan pilihan “unwrap”

snapshot119

Ok sekarang masuk tahap selanjutnya, pada edit mode subdivide plane menjadi 10 kali (pada proses selanjutnya kemumngkian akan ada subdivide lagi). Setelah itu tambahkan displace modifier:

snapshot120

klik new pada icon texture, atur direction menjadi normal, texture coordinate atur menjadi Local. Strenght dapat diatur kemudian tergantung bentuk yang diinginkan nantinya

Lalu buka tab texture dan atur texture menjadi image . Lalu buka image batik  jadi (ingat formatnya jpeg) . Kemudian pada image mapping atur extensionnya menjadi extend.

snapshot122

Setelah itu tambahkan subdivision surface modifier dengan view nya 2. Kemudian atur-atur strength pada displace modifer sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Jika bentuk  ukiran belum terbentuk sempurna, lakukan subdivide lagi pada plane (kelik w->subdivide pada edit mode ) sehingga terbentuk ukiran yang jelas.

snapshot123

yup kita telah membuat ukiran menjadi 3 dimensi. Sekarang yang jadi perhatian adalah masih adanya plane. Namun jika Kamu membutuhkan ukiran yang menempel pada plane maka tahap ini sudah cukup. Misalnya jika kamu membuat model lemari dengan ukiran misalnya.

Ok  sekarang kita bayangkan ukiarn tersebut terlepas dari plane. Untuk merealisasikan khayalan tersebut mari kita gunankan remesh modifier. Berikut pengaturannya:

snapshot124

atur Octree Depth nya menjadi 9 dan modenya menjadi smooth. (sekedar informasi tambahan pada pilihan mode juga ada blocks, ini akan merubah bentuk objek menjadi tersusun dari banyak blocks, kaya minecraft gitu kali ya) . OK beginilah hasil yang telah kita kerjakan

snapshot126

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s