Mengatasi Masalah “error while loading shared libraries: libavdevice.so: cannot open shared object file: No such file or directory” pada Blender Game Engine Runtime


Setelah meng-convert game di BGE (Blender Game Engine) menjadi Game Engine Runtime (aplikasi standalone berformat ELF, tanpa ketergantungan terhadap kehadiran Blender)  saya menemukan masalah yang membingungkan. Masalah itu yaitu ketika menjalankan aplikasi gamenya di terminal

$ ./game-name

muncul output mengecewakan:

./game-name:

error while loading shared libraries: libavformat.so.54: cannot open shared object file: No such file or directory

Saya menggunakan Ubuntu 12.10 dimana libavformat yang berasal  paket libavformat   (dari repositori Ubuntu) sendiri adalah versi libavformat53 bukan libavformat54. Kenyataannya libavformat54 didapat dari paket blender-codecs-ffmpeg1.0  ppa:irie-blender.

Untuk mengatasinya saya menggugling dan mendapatkan solusi dari : http://www.qtcentre.org/threads/26934-Can-t-run-executable-file-directly-Cannot-open-shared-object-file

yap seperti dugaan Anda, kita cukup mengganti path ke library libavformat.so.54. Simpelnya buat text game-name.sh dan isiksan seperti berikut:


#!bin/bash
LD_LIBRARY_PATH=$LD_LIBRARY_PATH: "/usr/lib/blender/ffmpeg/1.0/lib/"
export LD_LIBRARY_PATH
exec "./game-name"

buat text tadi menjadi executable:

$ chmod +x ./game-name.sh

dan jalankan game  ./game-name.sh tersebut , and… here we gooo…  insya Allah problem hilang

Image

2 thoughts on “Mengatasi Masalah “error while loading shared libraries: libavdevice.so: cannot open shared object file: No such file or directory” pada Blender Game Engine Runtime

  1. assalamu’alaikum gan..bisa bantuin ane gax?? ane punya permasalahan nih pada BGE. mau buat actuator untuk gas rem dan kopling belum jadi jadi,,,,gimana menurut antum??syukron

    1. waalaikumsalam, maaf baru buka blog, ane ga gitu ngerti,
      kayaknya itu make kecepatan yg ada akselarasinya aka ada percepatan, pas ngerem kan kecepatan dikurangin (percepatan minus) , jadi kayaknya buat simulasi remnya pake node motion actuator yg tipe “servo control” -> http://wiki.blender.org/index.php/Doc:2.6/Manual/Game_Engine/Logic/Actuators/Motion , pergerakan dasar mobilnya juga pake servo control, di wiki ditulis itu buat simulasi fisika pergerakan di dunia nyata,

      atau pake Python script kaya gini -> http://www.cgmasters.net/free-tutorials/python-scripting/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s