Tips : Realistic Crack Texture Blender


crack

Untuk membuat texture seperti di atas digunakan  dua langkah utama yaitu membuat layer texture pada object dan menggunakan displacement modifier. . Pada cara ini digunakan Cycles render.

Referensi yang saya gunakan adalah:

Bahan-bahan yang diperlukan adalah

1. texture BrickLargeBrown0019 (Texture: #37789) dari  CGTextures.com
2. Crack-Brushes-For-GIMP
3. Graffogie font
4. texture AsphaltCloseups0033_7_S.jpg

Persiapan Bahan Texture Crack dan Text pada GIMP

Yup seperti yang pemabaca tebak , pertama mari kita buat Texture untuk efek crack dari brush “Crack-Brushes-For-GIMP” tadi pada GIMP

Buat gambar simpel dengan brush crack tadi pada canvas 640×640 transparan. lalu open as layer texture apa saja. Kali ini sayua menggunakan texture aspal dari CGTextures.com
Selection_025
Dengan selection tool select area di luar gambar crack . Lalu klik Ctrl+i (ivert selection) untuk men-select area gambar cracknya saja.
-crack.xcf-2.0 (RGB color, 22 layers) 640x640 – GIMP_016
lalu pindah ke layer texture aspal pilih Ctrl+x / cut selection . Lalu ctrl+v / paste selection as new layer
Selection_024
Sehingga didapat texture transparant berikut
Selection_026
 dan export gambar tersebut ke format gambar PNG (gambarnya transparan).
Sama seperti di atas mari kita buat texture font transparannya dengan font Graffogie tadi:
Simpel saja gunakan 2 layer , layer pertama text dengan font  font Graffogie tadi, layer kedua dengan mode screen untuk membuat warna gradien . Pastikan background image trabsparan. Lalu export menjadi format png.
Selection_021
crack

Memulai pada Blender

Lalu kita pindah dahulu ke Blender , tambahkan sebuah object plane , pada front view klik ctrl+alt+0 untuk membuat viewport camera dari front view,  scale sehingga plane memenuhi pandangan camera. Pada edit mode subdivide plane 20 atau 30 kali.
– Pengaturan Material
Material yang digunakan hanya satu :
Tambahkan simpel material, cukup klik new saja dulu pada material panel. Lalu pada bagian color pilih image texture dan pilih gambar BrickLargeBrown0019 tadi. Kemudian pada vector pilih UV
Selection_022Selanjutnya mari kita buat UV Map , pada window UV editing unwrap plane dengan pilihan “Project From View”. Scale UV Map sesuai selera agar texture bricknya kelihatan pas pada plane
Blender- [-home-zico-Documents-Blender-gawean-model-texture-crack-tutorial.blend]_011
Kita baru saja membuat UV Map untuk texture bricknya. Sementara ada 3 texture yang akan dipakai (brick, crack, text) .Untuk menggabungkan 3 texture tersebut , digunakan 3 UV Map berbeda .  Tiap UV Map ini akan dihubungkan dengan node attribute dengan pilihan  vector pada node editor untuk mendeskripsikan masing-masing UV untuk tiap texture.Untuk membuat 2 UV Map lainnya simpel saja, pada Panel properties buka tab object data (icon segitiga ) pada bagian UV Map klik tanda tambah 2 kali dan namai 2 UV Map yang baru dengan crack dan text.
Selection_017
UV Map Crack dan Text otomatis akan memiliki hasil unwrap yang sama dengan UV Map brick namun mereka bertiga tetaplah 3 UV Map yang berbeda untuk menggambarkan 3 texture yangh berbeda. Nantinya tiap UV map bisa diedit sendiri misalnya texture crack miring 90 derajat, lalu tinggal rotate hasil UV Map crack nya 90 derajat saja tanpa merubah koordinat UV Map yang lainnya. Disinilah keuntungan menggunakan banyak UV Map yang berbeda.

Pengaturan Material pada Node Editor

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa  ketiga UV Map akan dihubungkan dengan 3 node attribute dengan pilihan  vector pada node editor untuk mendeskripsikan masing-masing UV untuk tiap texture
Selection_023
Simpel saja tambahkan dua node attribute (pada pilihan input) untuk 2 UV Map lainnya yakni crack dan text. Lalu tambahkan 2 image texure lainnya yaitu texture crack dan text yang sudah kita buat dengan GIMP tadi.  Yup Anda jago menebak, selanjutnya hubungkan vector (lingkaran biru) node attribute ke vector node image texture. Selanjutnya beberapa node texture perlu diedit:
# Node Texture crack dan text perlu ditambahkan node Mapping agar texture tidak berulang. Simpel saja tambahkan node Mapping diantara node attribute dan node image texture. Lalu checklist radiobutton Min dan Max untuk  agar texture tidak berulang.
Lalu ketiga texture ini dihubungkan dengan node Diffuse shader.
Kemudian ketiga Diffuse shader barusan kita kombinasikan dengan menggunakan mix shader seperti berikut:
Selection_027-xxx

Diffuse shader yang terhubung dengan texture brick kita gabung dengan diffuse shader yang terhubung dengan texture text dengan mix shader. Lalu Mix shader tersebut kita gabungkan dengan diffuse shader yang terhubung degan texture crack dengan mix shader. Terakhir node mix shader yang terakhir kita hubungkan dengan node material output seperti gambar di atas.

Untuk bagian Displacement, digunakan normal map dari texture brick dan crack agar terlihat realistik. Untuk membuat normal map, kita bisa menggunakan, plugin normal map pada GIMP / Software Xnormal / Insanebump / Crazybump. Simpan normal Map dalam format JPEG.

Kemudian masukkan masing-masing normal map dalam node editor dengan node Image Texture. Sama seperti sebelumnya pastikan tiap node Image texture didahului dengan node attribute dengan vector UV map masing-masing.. Kemudian masing-masing dihubungkan dengan node Normal Map dan keduanya digabung dengan node Math (dengan option mutliply). Lalu node Math dihubungkan ke displacement. Gambar nodenya seperti berikut:

Selection_028
Setelah kita membuat material dan displacementnya, secara keseluruhan berikut gambar nodenya:
Selection_019

Mari kita lihat previw rendernya:

Selection_030

Penambahan Displacement Modifier

Untuk membuat lebih realistik lagi , digunakan dua displacement modifier, satu dengan displacement map texture dari brick dan satu lainnya dengan displacement map texture dari crack. Urutan modifier yang digunakan adalah suddivision surface modifier, diplacement modifier untuk brick dan displacement modifier untuk crak. Pastikan image texture yang digunakan untuk displacement modifier adalah masing-masing displacement map texture dari texture brick dan crack. Jangan lupa atur Texture coordinate dengan UV map masing-masing (brick dan crack). Berikut pengaturannya:

Selection_031

Agar displacement crack tidak berulang, atur pada texture displacement untuk crack bagian Image Mapping, lalu pilih extension “Extend”

Selection_032

Berikut hasil modifiernya:

Brick:

Selection_035

Brick + Crack:

Selection_036

And finally here we go . Mari kita lihat preview rendernya

Selection_037
Selection_039

Thaks for reading , happy blending

4 thoughts on “Tips : Realistic Crack Texture Blender

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s