Mencoba Cell Fracture Addon pada Blender 2.64 Test Build


Pertama aktifkan addon cell fraction , buka user preference dengan menekan:

ctrl+alt+u

Lalu pada tab addon, cari cell fracture dan check list on untuk mengaktifkan.

acivate cell fracture addon
acivate cell fracture addon

Lalu perhatikan pada toolshelf ( tekan t ) muncul tombol menu baru yaitu Cell Fracture

cell fracture on tool shelf
cell fracture on tool shelf

Klik  tombol Cell fracture  untuk mencobanya, berikut ini adalah tampilan settingan defaultnya:

default cell fracture addon config
default cell fracture addon config

Mari mencobanya, klik OK dan tunggu hingga proses selesai lalu pindah ke layer dua  layer 2

. Setelah itu lihat hasilnya object cube terbagi menjadi delapan ( 8) object. Untuk lebih jelasnya aktifkan wireframe mode ( z )

default-fracture
default-fracture

Okay sekarang mari kigta telusuri pengaturan-pengaturan pada addon ini. Pertama kita telusuri bagian Point Source terlebih dahulu:

own particle and vert

Pada bagian point source diatur pengaturan sumber-sumber titik fracture pada objek. Pada Cell fracture , objek akan dipecah berdasarkan titik-titik (point) . Point tersebut dapat bersumber dari:

  • vertex pada obyek sendiri ( Own Verts)
  • vertex pada child object (Child Verts) –> dalam hal ini bila ada objek sebagai parent dari objek lainnya
  • Partikel pada obyek (Own Particles)
  • Partikel pada child object (Child Particles)
  • Titik-titik dari Grease Pencil (Grease Pencil)

Kelima pilihan ini dapat dipilih hanya satu atau kombinasinya. Untuk lebih jelas tentang efek masing-masing pilihan pada Cell Fracture, mari kita bahas satu persatu:

1. Own Verts

own vert

Dengan own verts , pada saat cell fracture, obyek akan terpecah/terbagi menjadi sebanyak jumlah vertex pada obyek. Misalnya suatu obyek cube  memiliki  8 vertex kita fracture dengan addon ini maka akan terbentuk 8 obyek pecahan dari obyek cube.

own vert fracture

2. Child Verts

Sebagaimana pada Own Verts, pilihan ini juga menjadikan vertex sebagai sumber titik fracturenya (Point Source). Namun pada Child Vertex , vertex yang menjadi sumber ialah vertex dari child obyek. Obyek akan terpecah/terbagi menjadi sebanyak jumlah vertex pada child object -nya. Misalnya suatu obyek cube  memiliki  child object sebuah Icosphere yang memiliki 12 vertex. Lalu cube kita fracture dengan addon ini maka akan terbentuk 12 obyek pecahan dari obyek cube. Berikut ini mari kita coba pilihan ini:

tambahkan obyek Icosphere (sebagai child obyek nantinya)

shift+a

Icosphere

enter

add child
Pada toolshelf atur subdivisionnya satu saja
child subdivision
Scale dan pindahkan (grab) Icosphere ke sebelah atas namun masih berada dalam Cube
s
g z
enter
resize move child
Perhatikan juga pada edit mode jumlah vertex pada Icosphere adalah  12

select obyek Icosphere lalu select obyek cube dan jadikan cube sebagai parent dari Icosphere

klik kanan pada Icosphere

shift+ klik kanan pada cube

Ctrl+p

enter

make parent
kemudian pada toolshelf tekan tombol cell fracture
T
cell fracture
aktifkan pilihan  child verts

saja pada Point Source lalu klik OK

berikut ini adalah coontoh hasil fracturenya:

child vertices fracture

Jika kita perhatikan jumlah obyek pecahan dari cube jumlahnya ada 12. Hal ini sama dengan jumlah  vertexchild object yaitu Icosphrere.

3. Own Particles

Pada pilihan ini, obyek akan terpecah menjadi sejumlah bagian sebanyak jumlah partikel pada obyek tersebut. Particles pada obyek akan menjadi titik sumber fracture. Misalnya pada sebuah cube ada 10 partikel. Bila kita fracture dengan pilihan ini maka cube akan terpecah menjadi 1o bagian. Mari kita coba pilihan ini:

pada jendela properties, pada tab particles tambahkan particles baru dan atur start =1 , end =1 , Number = 10 sehinggan akan terbentuk 10 particles saja.

edit particle

Lalu pada Cell fracture aktifkan Own Particles saja sebagai Point Source

own particle
own particle

Klik OK dan  jika kita perhatikan hasilnya maka terdapat 10 obyek (sebanyak jumlah particles)

own particle fracture
own particle fracture

4. Child Particles

Prinsipnya memiliki kesamaan  dengan Own Particles. Namun pada Cild Particles sumber partikel adalah dari child object.  Pada pilihan ini, obyek akan terpecah menjadi sejumlah bagian sebanyak jumlah partikel pada child object.

5. Grease Pencil

Pada pilihan ini, sumber titik fracture adalah titik-titik pada grease pencil.

new grease pencil

draw line

Misalnya sebuah grease pencil biasa sebenarnya terdiri dari banyak titik sehingga bila dufracture obyek akan terbagi menjadi sejumlah titik pada grease pencil

grease pencil              grease pencil fracture
Sedangkan bila grease pencil kita bentuk line (terdiri dari dua titik) maka obyek hanya akan terpecah menjadi dua

grease pencil line          grease pencil line fracture

Contoh Kombinasi

Berikut adalah contoh kombinasi Own verts + Own Particles pada cell fracture. Sebuah cube dengan 8 vertex dan terdapat 10 particles pada cube tersebut. Bila dipilih Own Verts dan Own Parrticles sebagai Point Source maka obyek akan terpecah menjadi sebanyak:

jumlah own verts (8)  + jumlah own particles (10) = 18

own particle and vert
own particle and vert

own vert and particle

Pengaturan Lainnya

own particle and vert

  • Source limit mengatur batas jumlah vertex, partikel dan titik pada grease pencil sebagai Point Source
  • Noise mengatur banyaknya noise😀 . Misalnya suatu cube difracture dengan Noise = x. Semakin besar x maka semakin jauh bentuk obyek pecahan dari bentuk cube

default-fracture               

Gambar sebelah kiri tanpa noise , gambar sebelah kanan noise = 1

Selanjutnya bagian bawahnya🙂

  • Recursion mengatur berapa bayak pengulangan pemecahan dalam suatu pecahan. Bila dipilih 0 maka suatu obyek pecahan tidak akan dipecah lagi. Sedangkan bila dipilih recursion 1 maka suatu obyek pecahan dipecah lagi satu kali. Ilustrasinya sebagai berikut:

            

Gambar sebelah kiri adalah suatu obyek difracture dengan Recursion 0 maka terjadi pengulangan fraction 0 kali sehingga fraction hanya sekali membuat cube menjadi 8 obyek pecahan. Sedangkan pada gambar yang sebelah kanan recursion = 1 sehingga satu obyek pecahan dipecah lagi satu kali sehingga menghasilkan 65 obyek pecahan.

  • Random mengatur keacakan pemecahan obyek
  • Margin mengatur jarak antar obyek pecahan. Bila diset 0 maka bagus untuk membuat animasi barang yang terjatuh lalu pecah. Berikut ini adalah bila Margin diset 0.061

  • Material mengatur material mana yang akan menjadi material pada sisi dalam obyek pecahan. Bila kita menset :

Material : 0  —> maka material inside = material pertama

Material : 1 —> maka material inside = material kedua

Selanjutnya bagian bawahnya lagi🙂

  • Layer Index mengatur index layer mana obyek hasil fracture berada. Kalau option Next layer dipilih maka hasil fracture akan berada pada layer selanjutnya dari layer obyek

Terimakasih sudah membaca🙂

download versi pdf

3 thoughts on “Mencoba Cell Fracture Addon pada Blender 2.64 Test Build

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s