Cara Membuat Aplikasi / Indicator pada Gnome tidak Berjalan pada KDE


Ketika saya mencoba KDE 4.8 entah kenapa dari awal setelah startup KDE CPU bisa mencapai 90% padahal belum membuka aplikasi apapun. Setelah ditelusuri dengan $ top ternyata ada satu hal yang mencolok yaitu  tracker-miner-fs maupun tracker-store bisa memakan CPU sampai kira-kira 80% > Setelah menulusuri apa itu tracker, ternyata tracker adalah aplikasi search index database pada Gnome. Lalu mengapa jalan di KDE???? Untuk mengatasinya dalam –hal ini membuat tracker tidak jalan di KDE (hanya pada Gnome, XFCE)– maka file autostart  tracker-miner-fs dan tracker-store harus diedit :

  • Langkah pertama buka terminal dan jalankan
$ sudo dolphin
  • Pada dolphin dengan akses root, buka /etc/xdg/autostart cari startup aplikasi yang ingin diedit (dalam kasus ini tracker-miner-fs.desktop dan tracker-store.desktop)

Image

  • Cari tulisan ”  OnlyShowIn=  ”  tanpa tanda kutip. Lalu cukup hilangkan saja tulisan KDE; sehingga menjadi seperti berikut:

Image

  • Log out, dan login kembali dan cek pada system monitor apakah aplikasi/indikator/service yang dimaksud masih berjalan atau tidak.

Cara diatas juga berlaku pada indikator-indikator yang biasanya digunakan pada panel Unity. NAmun kemungkinan autostart indikator tedapat pada folder  /home/nama-user/.local/share/applications/ atau /home/nama-user/.config/autostart/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s