Browsing Mode Mobile Web pada Midori


Midori. Kalau mendengar nama itu saya jadi teringat teman SMA saya yang bernama Ritanti (hmm how are you Tanti?ūüôā ) karena mukanya, matanya hidungnya wajahnya, rambutnya mirip sekali dengan tokoh Midori pada Manga “Midori Days” atau versi Jepangnya “Midori no Hibi”. Yah walaupun saya cowok yang rada-rada keras kepala dan terlihat menyeramkan ( :malus) , namun gw akui Midori Days adalah manga favorit saya waktu SMA karena ceritanya sangat bagus dan menyentuh. Sebuah kesetian cinta ¬†Midori¬†tanpa pandang status sosial, harta etc¬†pada Seiji Sawamura, pria yang keras kepala, sering berkelahi, namun selalu pasang badan untuk teman-temannya. Hal yang jarang saya temukan di zaman yang gahoool gini gitoo loh.¬†

Ok lupakan basa-basi diatas karena paragraf di atas hanyalah kenangan masa lalu saya yang mungkin tak terulang lagi (pepsimis mode:on). Midori yang sebenarnya dibahas adalah Midori sebuah browser Open Source.

Membuka mobile web ada kalanya berguna ketika koneksi lelet dan hanya ingin membaca teks saja. Salah satu browser yang dapat melakukan hal ini adalah midori. Jika belum memiliki midori pada Ubuntu install terlebih dahulu:

$ sudo apt-get install midori

Midori dapat diganti-ganti settingannya  agar teridentifikasi sebagai Firefox, Safari, Midori, iPhone dan Internet Explorer. Nah untuk mobile web mode tentu yang digunakan adalah mode iPhone. Cara ini juga berlaku pada Midori pada distro Linux lainnya, tidak hanya Ubuntu. Tanpa berpanjang lebar, berikut ini adalah caranya:

  • klik icon menu di pojok kanan atas Midori –> preferences

  • pada tab Network pada pilihan “Identify as” pilih iPhone

  • Test pada Midori, coba buka situs yang punya mode mobile webnya, misalkan webupd8.org¬†. Bila dialihkan ke m.webupd8.org maka artinya berhasil.
  • Bila dua cara di atas masih terlalu panjang, berikut ini adalah caranya: perhatikan pada tab bagian bawah midori, paling kanan adalah jam, sebelah kirinya adalah level zoom, dan kirinya lagi adalah yup benar, browser mode, pilih iPhone seperti gambar di bawah ini:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s