Cara Singkat Mount Read Write System Android


Jika kamu sering mengoprek Android menggunakan adb shell mungkin sering ketemu dengan perintah ini:

# mount -o remount,rw -t yaffs2 /dev/block/mtdblock3 /system
# mount -o remount,ro -t yaffs2 /dev/block/mtdblock3 /system

yup kamu benar banget. baris pertama untuk me-mount read write /system alias membuat system jadi bisa dibaca dan ditulis alias ga read only lagi sedangkan baris kedua untuk mengembalikan /system ke read only lagi. Jika kamu sedang menggunakan adb shell mungkin kamu tidak malas mengetiknya atau copas dari internet atau teks dsb.

Namun bila suatu saat kamu lupa menaruh kabel data dan terpaksa menggunakan Android terminal emulator atau Connectboot ditambah lagi hp Android kamu terbilang ukuran mini, mungkin akan timbul rasa malas mengetiknya berulang-ulang karena kesulitan mengetik dengan layar kecil. OK jika kamu sudah lelah mengetiknya kamu dapat membuat perintah itu lebih simpel dan kamu bisa menamai perintah tersebut sesuka hatimu bahkan dengan nama kekasih misalnya lol😀

OK misalkan s4y4 1n9in m3mbu4t (ups maaf jadi 4l4y gini saya😀 ) script mount rw ,
-buat script di sdcard misalnya remount-rw.sh untuk membuat script remount read and write
$ touch /sdcard/remount-rw.sh

– isi fie tersebut dengan perintah remount read write
$ echo ‘ mount -o remount,rw -t yaffs2 /dev/block/mtdblock3 /system ‘ >> /sdcard/remount-rw.sh

-OK saatnya memindahkan/mengkopi ke system (kali ini masih perlu mengetik mount -o remount, rw bla bla bla)
$ su
# mount -o remount,rw -t yaffs2 /dev/block/mtdblock3 /system
# cat /sdcard/remount-rw.sh > /system/xbin/remountrw
-dalam hal ini remountrw adalah perintah yang dibuat untuk menjalankan “mount -o remount,rw bla bla” selanjutnya. Kamu juga bisa mengganti namanya sesuka kamu misalkan “remountrw” kamu ganti jadi “nailahearton” “alayon” etc up 2 U🙂

-bikin executable
# chmod 777 /system/xbin/remountrw
-Selesai, kamu bisa mencobanya dengan mengetikkan dengan akses root:
# remountrw atau # nailahearton atau apapun itu sesuai dengan script yang tadi kamu namai di /system/xbin/ pada tahap sebelumnya

Begitu pula untuk membuat perintah simpel untuk “mount -o remount,ro bla bla bla” caranya sama seperti cara di atas. Selamat mencoba🙂

8 thoughts on “Cara Singkat Mount Read Write System Android

  1. gan. gw pnya mslah soal mount.
    dvce gw i9070 ud gw root via odin.
    tpi pas gw ng’mount gagal mlulu.
    1. gw gak dpet su permision.
    2.ya gak bsa ap” gw.
    pdhl d device gw superuser jln n allowed app yg btuh permisiom (gmecih,hex editor)
    tlongin y gan

  2. gan.. saya ada masalah. dgn root.
    awalnya saya nge-root hp saya (cross A11) berhasil. hp saya setelah di root juga sdh bisa share memory menggunakan link2sd. sehingga udah tdk ada masalah memory full ketika install aplikasi. dan itu berlangsung 3-4 bulan.
    nah skr. HP saya eror dgn tulisan error : Mount script error.
    sehingga aplikasi yg saya install di externall sd tdk bisa kebaca. knp ya gan? cara mengatasinya gmn?
    sbg catatan : memory saya ada 6GB. saya partisi 2. (4GB untuk file gambar, lagu dll. 2GB untuk aplikasi). nah yg tdk bisa kebaca itu yg 2GB.

    mohon bantuannya gan

Leave a Reply

