Mencoba Modem Huawei E173 pada Ubuntu 11.10 lalu Mengatur Kuotanya dengan Network Traffic Monitor (NTM)


AlhamduliLLAH baru beli modem. Begitu saya tanya ke penjualnya: “support Linux ga Mas? ” penjualnya jawab: “nanti coba aja”. Ya pertanyaan saya memang terdengar sangat basa basi karena faktanya Linux dalam hal ini yang saya pakai adalah Ubuntu, sudah bisa mendeteksi modem beserta sim card yang dipakai bahkan dapat mengenali provider-provider di Indonesia tanpa butuh embel-embel install driver tralala trililiūüėÄ . Ga percaya? Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan modem ¬†ini di Ubuntu 11.10. Pada tulisan ini saya juga mencamtumkan cara setting paket internet Three di Ubuntu.

Langkah pertama colok modem. Cek pada notifikasi network manager di panel, klik Network Setting, pindah ke tab Mobile Broadband, dan klik Add

Selanjutnya modem ini terderteksi dengan baik  alamat palsu  ayu ting ting merk modem ini. Cukup Klik Next saja.

Selanjutnya pilih negara, tentu saja Indonesia, next lagi.

Lalu pilih providernya, Lihat tanpa driver, Ubuntu udah pinter mengenali jenis-jenis provider GSM di Indoneia :hammer:

Selanjutnya penting. Pemilihan pemakaian GPRS atau Monthly Internet Service. Jika ingin memakai paket internet bulanan Three (dan yang lainnya) tentu pilih Monthly Internet Service. Klik Next (mudah bukan? siapa bilang pakai Linux itu susah? )

Selanjutnya tanpa mengisi manual lagi, APN, username , password paket Internet bulanan three langsung terisi sendiri. Agar koneksi internet langsung konek  bila modem dicolok maka cheklist Connect automatically seperti pada gambar. Kalaupun belum otomatis terisi setting apn, username, password dll,  bisa diisi manual. Untuk Three bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Selanjutnya agar pemakaian paket internet terkontrol, dapat digunakan aplikasi Network Traffic Monitor (NTM). Keterangan lebih lanjut bisa dibaca dari sini dan dapat didownload disini. Cara menginstallnya :

$ sudo dpkg -i nama-paket-yang-didownload-tadi.deb
Setelah itu jalankan dan akan muncul notifikasi NTM di panel. Klik preference lalu akan muncul jendela NTM-preference.  Kemudian pada tab Traffic atur Traffic limit sebagai kuota yang digunakan, Lenght sebagai lama kuota, misalnya 30 hari.

4 thoughts on “Mencoba Modem Huawei E173 pada Ubuntu 11.10 lalu Mengatur Kuotanya dengan Network Traffic Monitor (NTM)

  1. Iya mudah ternyata, ini pake smartfren bundling huawei di ubuntu 10.10 juga cukup mudah, tapi pertamanya bingung, ada jeda waktu dulu pas modem di tancep, agak lama dikit jadi dikira nggak kedetect, kadang juga perlu restart dulu ya buat detect modem.

    Terus pernah setting 1 modem di share di dua kompie pake ubuntu gimana ya ? agak bingung nih, biasa pake windows. Siapa tahu ada yang pernah coba dan berhasil, gagal terus saya coba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s