Memakai Linux Lebih Asik daripada Main Game Berbayar di Windows


“Memakai Linux Lebih Asik daripada Main Game Berbayar di Windows”. Mungkin kata-kata di atas bagi sebagian orang terdengar “lebai”. Tapi itulah yang saya alami. Saya juga dulu memakai Windows XP (nggak ori) sampai saya  memutuskan untuk migrasi ke Linux. Yup sedikit banyak memakai barang ilegal memang ada saja masalah yang muncul. Apalagi bagi orang Islam memakai barang ilegal / memakai sopwer bajakan itu sama aja dengan mencuri  mengambil hak orang lain tanpa hak. Berikut adlah fatwa ulama tentang sopwer bajakan gan… http://goo.gl/ZEbvg

Masalah yang muncul tersebut ibarat karma atau konsekuensi mengambil hak orang lain secara nggak benar. Ya masalah tersebut berupa masalah klasik sistem operasi tersebut yaitu virus… , sering reboot, dll.

Virus merupakan hal yang harus dihadapi pengguna windows walaupun dapat diatasi dengan antivirus yang selalu update. Namun bukan hal itu saja alasan mengapa saya bosan menggunakan windows adalah karena saya tidak mampu membeli Windows yang asli (lol) setelah saya putuskan untuk berhenti membajak. Rata-rata aplikasi (yang bagus) yang digunakan di Windows adalh berbayar. MS Office, Adobe Photoshop, Dreamweaver, Maya, bahkan untuk memburning file image ke CD/DVD pun ada yang berbayar.

Sampai suatu hari saya melihat laptop teman saya yang memakai Ubuntu Jaunty Jackalope, saya terkagum-kagum dengan OS tersebut, 3D desktop. Saya pun meminta live CD Ubuntu tersebut dan menginstallnya di PC rakitan di rumah namun efek compiz nya tidakj jalan karena VGA komputer saya abal-abal  :D . Namun saya terus mencoba mempelajarinya walaupun saya tidak mempunyai koneksi internet. Namun itu bukan merupakan alasan bagi saya karena saya meminjam CD repository Ubuntu teman. Dengan satu perintah sakti “sudo dpkg -i *.deb” maka saya dapat menikmati sopwer-sopwer Open Source.

berikut ini adalah daftar software Open Source yang dapat menggantikan software-software di windows :

GIMP >< Adobe Photoshop

Inkscape >< Corel Draw

K3B >< Nero

Libre /Open Office >< MS Office

Blender >< Maya

Firefox, Chromium >< Internet Explorer

Sampai suatu saat saya mempunyai laptop saya semakin bebas bermain-main dengan Linux dan saya dapat dengan mudah mencari hotspot untuk mengetik di terminal “sudo apt-get update” , “sudo apt-get install ” dll. Sayapun dapat dengan mudah menikmati efek 3 Dimensi Desktop dengan Compiz pada Gnome dan Kwin pada KDE. Saya juga iseng-iseng mencoba berbagai distro seperti Ubuntu, Fedora dan Opensuse. Namun karena belakangan laptop saya hilang (hiks hiks) saya hanya memakai Ubuntu saat ini karena keterbatasan harddisk dan koneksi internet.

Saya memang terbilang masih newbie dalam Linux tapi migrasi dari “seorang pemakai software bajakan” menjadi “seorang pemakai Open Sources” merupakan hal yang memuaskan karena untuk bermigrasi membutuhkan suatu keyakinantersendiri (lebay ya gw haha). Sayapun sangat terbantu dengan komunitas-komunitas Linux terutama Ubuntu. Salah satunya adalah ubuntu-indonesia.com . Kembali mengenai judul tulisan ini, menurut saya judul ini ga lebay (maksa hehe) karena buat sebagian linuxer , mereka lebih asik ngoprek Linux dibanding main game berjam-jam. Nemuin masalah (malkjlum newbie), googling, tanya ke forum / komunitas, cari solusi dan akhirnya masalah tersebut fixed. Btul kan lebih asik daripada main game? hehe

Yup tulisan ini adalah sekedar uneg-uneg saya. Mudah-mudahan dapat memotivasi bangsa ini agar menguarngi pembajakan software amiiin.. Namun keputusan ada pada diri masing-masing sesuai kebijaksanaan pribadi..

4 thoughts on “Memakai Linux Lebih Asik daripada Main Game Berbayar di Windows

  1. Setuju juga gan, ini lagi belajar pake ubuntu

    Cuma agak bingung di setting network antar komputer baik ubuntu-ubuntu maupun ubuntu-windows, ada postingannya ? ta ubek ubek ini belum ketemu juga😦

Leave a Reply

