Ubuntu 10.10 di Komputer Jadulku


Setelah hilangnya Lenovo G450 gw , praktis berhentilah ngoprek Ubuntunya.. hix hix.. Kalau ada tugas dan butuh cari bahan dari internet, mau nggak mau gw harus ke warnet, coz nggak mungkin pinjem punya orang.

Ternyata gw baru inget kalo di rumah ada komputer pentium 4 yg terbengkalai. Setelah gw cek, ternyata cuma rusak di power supply. Setelah gw beli power supply nya dan gw pasang, alhamduliLLAH nyala lagi tuh kompi jadul..šŸ˜€

Setelah berhasil booting, yg ada di pikiran gw cuma ambil Live CD Ubuntu dari Shipit , masukin ke pemutar CD, booting dari Live CD coba secara live CD and install..

 

Setelah diinstall, ternyata nggak sesuai dengan yg gw harapkan, maklum kompi jadul, spec VGA nya VIA, Sound nya Realtek, Sound memang berfungsi dengan baik namun ada masalah pada bagian recording sound. Komputer memang dapat mendeteksi suara recording (nampak dari penunjuk suara) tapi begitu disave tidak sama sekali terdengar bunyi sound yg direkam.

Bahkan yg lebih parah.. visual effect compiz nggak berjalan sama sekali (nggak bisa wobly bahkan) atau dengan kata lain nggak bisa diaktifkan. Mungkin gw harus pake VGA Card external x ya.. tapi sayang belum ada duit… jiakakakak..

Namun dari segi performa, lumayan bagus dibanding kalau kompi jadul gw menggunakan Windows weduz tentunya… Selain itu, sudah terinstal Open Office buat ngetik-ngetik tugas gitu deh.. hehe.

2 thoughts on “Ubuntu 10.10 di Komputer Jadulku

Leave a Reply

