Apakah Vandroid T2 Rockchip 29xx Based?


Vandroid T2 yang dimaksud pada tulisan ini adalah yang spefikasinya sebagai berikut:

Processor: Cortex A8 1Ghz

OS : Android 2.3

Setelah beberapa kali mencoba rooting Vandroid T2 (yang processornya Cortex A8) kegagalan-kegalan terus berlanjut. Paling mentok yang didapat hanya  temporary root dan setelah reboot akses root hilang. Bahkan dalam akses root temporary tersebut mount remount read write pun tidak bisa.

Untuk mengetahui informasi detail tentang Vandroid T2 (brand, cpu, ram) bisa dengan cara ini menggunakan aplikasi ini (file apk, install di Vandroid T2).

Setelah menginstall apk tersebut dan dijalankan, terdapat beberapa informasi detail device yang contohnya seperti berikut(klik untuk zoom):

CPU Vandroid T2

CPU Vandroid T2

Build OS information Vandroid T2

Build OS information Vandroid T2

Beberapa keterangan yang penting yaitu:

Android Version: 2.3.1

CPU: armv7

Brand : Rockchip

Hardware: rk29 board

Dari dua gambar di atas terlihat bahwa Vandroid T2 (Cortex) menggunakan rk29 board / rockchip based. Bila ditelusuri pada sumber ini , rockchip memakai root file system berupa cramfsCramfs adalah compressed root file system. Jadi ROM Android yang root file system-nya adalah cramfs  tidak bisa dirooting dengan cara biasa seperti dengan Superone Click, z4root, unrevoked dll.

Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara merooting Vandroid T2 ataupun devices lain yang memakai rockchip ?? Setelah saya baca-baca di sumber ini, masih ada satu cara untuk membuat Vandroid T2 mempunyai akses root yaitu dengan mem-flashing Vandroid T2 dengan ROM yang telah ada akses rootnya.

upgrade firmware

upgrade firmware

Selanjutnya  akan dibahas tahap-tahap mengcustom ROM dengan akses root pada Vandroid T2.

49 thoughts on “Apakah Vandroid T2 Rockchip 29xx Based?

  1. giga riva says:

    bos – gw punya Vandroid T2

    – gw sdh connect via wifi di kantor, sdh terkoneksi, trus buka browser, kok gak bisa konek ke internet yah.. mohon pencerahan

    – gw punya modem ZTE model MF 180A telkomsel flash.

    nah gimana cara setting internetnya?

    Ok thanks sebelumnya.

  2. alco says:

    Gan, klo T2 basednya Rk29XX, tp knapa kok diinstall drivernya Rk2918 usb driver kok gk bisa yah???

    Maaf gan klo sok tau…

      • alco says:

        Ane dah coba gan, n gak berhasil. Resolusinya gak sama.
        Install Rk2918 usb debug device dah behasil gan, update.img dah berhasil, tp tampilan screen jadi rusak, krn gak cocok resolusinya.

        Sama gan, ni device ane pun “MATOT” Mati Total gan…

        HELP….. !!!

        Firmwire yang sama dengan advan T2 apa ya gan??
        yang screen sama2 7″, soalnya pake yg Bmorn V9 screen nya 9,7″

        Ane mau coba pake Rockchip Batch Tool V.1.4 gan, lebih gampang kayaknya…

  3. alco_spr says:

    Advan Vandroid T2 gan…
    sama seperti yg di thred agan…

    gan, ternyata driver rk2918 usb device itu adalah sebuah class device nya gan.
    untuk mem flash firmwire tab menggunakan OS windows pc. sama seperti
    mengupgrade firmwire dari recovary nya advan.

    triknya :
    – USB debug device jgn lupa dicentang dulu.
    – matikan tablet
    – trus tahan tombol volume (-) sembari tancanpkan kabel USB ke PC.
    – otomatis class device terdetek, trus diinstall pake drivernya RK2918 usb drivernya.
    – (satu paket di folder download Rockchip Batch Tool V.1.4)
    – trus jalani deh aplikasi Rockchip Batch Tool V.1.4 nya…
    Maaf gan cuman ini aja yg bisa saya kasi tau, ntar takut yg lain pada ngikutin ,
    ntar tab nya “MATOT” kayak punya ane.

    Maaf gan ane jadi curhat nih… abis ane masih pusing nih gan mau pake
    upgrade firmwirenya yg mana…

  4. alco_spr says:

    Maksudnya drivernya beda gimana gan???
    Kan sama2 menggunakan chipset rockchip rk2918 , driver boardnya pasti kan dah sama gan…

    tuk menginstal drivernya seperti trik yg diatas gan, ni file downloadnya ada di
    RK Batch Tool (link download dibawah)

    thred dari forum.xda-developers.com menggunakan Rk Batch Tool :
    http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1362617&page=22

    You shouldn’t be flashing more than update.img that you created from original images (ie system.img, boot.img, etc.) Maybe I can explain a little better

    1st download & extract these files:

    rockdev folder : http://db.tt/YTEoKqMM
    Rk Batch Tool : http://db.tt/GOJSL5nC
    Stock Images : http://db.tt/MwNdgoNU

    Then follow these steps

    1) copy extracted files from “Stock Images” to the “images folder” inside of the extracted “rockdev folder”

    2) open the rockdev folder and run “makeimage.bat”

    3) run the extracted “RK Batch Tool”

    4) click the button next to “FW Path” browse to “path\to\rockdev\images” folder and select “update.img”

    5) click the upgrade button

    6) your tablet should boot as if it was just out of the box

    thred dari bmorn menggunakan Rockchip Upgrade Tools :
    A Guide to Upgrade RK2918 SDK 2.1 of Bmorn V9
    link : http://www.dgmorn.com/bmorn-rk2918-sdk-2-1-upgrade-instruction/

    – Rockchip Upgrade Tools : filenya dipecah, tp klo
    – Rockchip Batch Tools : udah pake update.img doang gan

  5. alco_spr says:

    nah itu dy gan, wifi nya masih error gan…
    ni ane lagi nyobak bbrp firmwire dr tab2 yg speknya sama sperti advan T2.
    – Bmorn V9 : Error (resolusi gak sama 9,7″)
    – woPad i7 : Error (kernel masih belom cocok)
    – Rockchip v.3 android 3.0 Honycomb : Boot looping terus
    – RK8GT : dalam proses flashing….

    sama2 gan, saling berbagi gan infonya …

  6. alco_spr says:

    oh iya gan, kemarin kan Tab ane jg “MATOT” Mati Total,
    tp coba flashing pake Rockchip Batch Tools berhasil kembali ke sistem nya gan,
    tp gak bisa restore ke firmwire T2. Makanya ane harus dapet firmwire yang cocok buat T2 ane, klo bisa dapet yg android 3.2 Honycomb Rockchip RK2918 SDK 2.1

  7. alco_spr says:

    krn flasihngya yg gagal gan….
    makanya ane gk kasi trit nya yg lengkap ke post ini gan, takut ntar yg lain mengalami hal yg sama kayak ane…
    Ane kasi link nya supaya kita bisa sama2 mencobanya , ya dgn menanggung resiko masing2 deh…

    Rata2 flashing firmwire berhasil gan, pake Rockchip Upgrade Tool & Rockchip Batch Tool berhasil di install. tp masi belom cocok aja gan. seperti Boot looping,
    system nya error, bbrp componennya gk bisa digunakan…

    Nah itu dy gan, tab apa yg cocok nih bisa upgrade advan T2 kita ke Android 3.0 Honycomb SDK 2.1.

    Gan, si Bro Nizar kan uda bikin update.img yg buat Vandroid T2. itu udah
    di oprek update.img ama system.img nya gan?? apa udah di root gan??

    • udah di root, ia sebenernya ane minta maaf posting ini di blog, mungkin saatnya kita pindahin ke XDA/ forum lain?

      tablet ane masih diservice , gatau lama bgt “-_-

  8. alco_spr says:

    di tarik aja dulu dan tab nya, flashing sendiri aja…
    klo masalh tab agan yg salah boot.img nya masih bisa di handle pake flashing ini gan, ane jg ngalami hal yg sama gan.. di flash sendiri…

    minta ym ato fb nya agan….
    biar bisa sering nih…

  9. Ikul says:

    Kak,,, Bantuin gimana caranya instal manual book android T2i,,cos kemarin kehapus kak…Please…

    kirim ke emailku ya kak…
    ato 085727923850

  10. anto_kp says:

    Hallo semuanya………
    Saya punya vandroid T2i ICS tapi saya kesulitan untuk root / temporary root, sudah saya coba pake superOneClik,Z4root,gingerbreak tetep saja gak bisa,apa butuh trick khusus? Mohon bantuanya dari agan semua .thx

  11. gan, untuk vandroid T3 ada gak caranya?
    coz T3 gak berbasis rockchip, tapi T34.
    ane mau coba root tapi masih bingung cara & software yang dibutuhkan apa aja.
    tolong penjelasannya gan.

    thanks

Leave a Reply

